Jangan Salah Kostum! Kenali Dress Code Ini Sebelum Ke Acara Penting

Konten [Tampil]
Jangan Salah Kostum! Kenali Dress Code Ini Sebelum Ke Acara Penting
Jangan Salah Kostum! Kenali Dress Code Ini Sebelum Ke Acara Penting

Siapa yang pernah saltum alias salah kostum saat datang ke suatu acara? Huuhh, pasti sangat tidak nyaman, ya! Karena bisa saja banyak mata tertuju kepadamu.

Makanya, jangan lupa cek kembali di undangan tersebut apakah ada ketentuan dress code atau tidak. Kalau sudah seperti ini yang rugi jadi kamu, deh.

Oiya, ini tidak hanya berlaku bagi tamu undangan, tapi juga buat kamu ketika menjadi MC acara. Jangan salah kostum!

Apalagi, seiring dengan perkembangan dunia fashion, dress bukan hanya dipakai ke acara formal saja. Bahkan sekarang ada banyak model potongan yang beragam yang dijadikan dress bahkan cocok digunakan ke acara casual.

Yuk, simak bareng-bareng jenis dress code yang harus kamu tahu ketika datang ke suatu acara. Let's go!

Tipe-Tipe Dress Code Yang Wajib Diketahui!

Agar tidak salah kostum saat menghadiri undangan, kenali dulu yuk beberapa aturan berpakaian (dress code) yang paling umum dijumpai. Berikut adalah tipe-tipe dress code yang dapat kamu ketahui:

1. Casual

Casual

Dress code casual boleh mengenakan pakaian apa saja dengan nyaman dan tidak perlu terlalu formal.

Tapi tetap ada beberapa hal yang diperhatikan. Khususnya untuk kamu yang memakai pakaian casual di kantor.
yang pertama adalah, cara berpakaian kita mengekspresikan apresiasi kita untuk orang-orang yang akan kita temui. Jadi ada baiknya, jangan terlalu santai seperti dirumah. Karena kita tidak tau di kantor akan kedatangan siapa, ada tamu dari mana, apakah bos kita akan datang ke kantor atau tidak dan berbagai macam hal-hal yang tidak bisa kita prediksi. Jadi, ada baiknya kalau kita tetap berpakaian dengan menunjukkan kesan yang baik dan tetap sopan.

Salah satu bentuk dress code casual adalah, celana panjang, dipadukan dengan blouse, bisa polos atau bermotif. untuk alas kakinya bisa pakai sneakers.

2. Smart Casual

Outfit Smart Casual
Smart Casual

Dress code smart casual akan menampilkan kesan yang lebih casual dan santai, tapi tetap nyaman.

Biasanya, dipakai untuk acara yang lebih santai, seperti seminar, workshop, atau kumpul bareng teman. Tapi, secara keseluruhan masih tetap terlihat rapi dan profesional.

Smart casual biasanya dipakai untuk menghadiri acara workshop, atau ngedate.

Nah, buat para wanita, kamu bisa memakai kaos polos atau blouse yang dipadukan dengan blazer, serta memakai celana jeans atau katun agar tetap terlihat profesional. kamu bisa memakai heels atau flat shoes.

Untuk pria bisa memadukan kemeja berwarna putih, cerah, dan motif dengan celana chino atau jeans. Kombinasikan dengan slip on shoes atau sneaker yang berwarna netral biat makin catchy.

3. Business Formal

Outfit Business Formal
Business Formal

Dress code ini menggunakan pakaian profesional, tapi tidak yang begitu formal. Biasanya dipakai untuk acara makan siang kantor, konferensi, atau pertemuan antar rekan kerja.

Untuk pria bisa memadukan kemeja berkerah dengan celana bahan  atau chino. Pakailah pentofel agar terlihat rapi.

Sedangkan wanita bisa memakai kemeja yang dipadukan dengan blazer dan celana panjang atau rok pendek selutut agar terlihat lebih profesional.

4. Business Profesional

Outfit Business Profesional
Business Profesional

Dress code ini biasanya dihadiri dengan acara-acara yang berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis.

Dress code Business profesional membutuhkan pakaian formal, dan pemilihan warna harus hati-hati dan diperhatikan dengan detail. Hindari untuk pemakaian warna-warna yang terlalu terang, seperti merah,  kuning, dan warna lainnya.

sebaiknya pilih warna netral seperti abu-abu, hitam, biru tua atau yang nuansanya earth tones.

Coverlooknya, biasanya terlihat monocrome, dari atas hingga bawah akan terlihat senada. Namun jika mau bermain dengan sedikit warna bisa menggunakan blouse atau kemeja dengan warna yang berbeda, namun tetap di imbangi lagi dengan pemilihan celana atau rok.

Sedangkan untuk sepatunya, kamu bisa memilih sepatu yang tertutup, atau yang tidak menunjukkan jari kaki.

5. Business Casual

Outfit Business Casual
Business Casual

Dress code ini mirip business formal, tapi tampilannya lebih casual atau santai.

Untuk pria, kamu bisa memakai kemeja dan jas atau lebih memiliki memakai kemeja saja, serta celana dengan bahan yang dipadukan dengan loafers shoes.

Sedangkan untuk wanita, kamu bisa memakai pencil skirt dengan kemeja atau turtleneck serta blazer.

6. Cocktail Attire

Cocktail Attire
Cocktail Attire

Dress code cocktail dipakai untuk acara yang bersifat semi-formal atau formal. Pilihan pakaiannya perlu disesuaikan dengan lokasi dan tema acara itu sendiri.

Look dress code ini biasanya akan lebih elegan, tidak terlalu glamour, tapi tetap harus terlihat rapi.

Bagi wanita, kamu bisa memakai dress selutut dan betis, hindari pemakaian dress yang panjang sampai kebawah agar tidak terlalu formal, lalu pilih dengan warna polos atau motif yang menarik.

Lalu kamu dapat memadukannya dengan heels agar lebih terlihat feminim dan jangan lupa untuk pakai aksesoris untuk mempercantik riasanmu seperti anting, kalung, dll.

Sedangkan untuk pria kamu bisa memakai setelan jas dan celana chino. Tidak masalah jika kamu tidak memakai dasi.

7. Evening Wear

Outfit Evening Wear
Evening Wear

Dress code evening wear adalah pakaian yang paling formal dan biasanya digunakan pada acara besar dan mewah.

Kamu bisa menggunakan dress yang panjangnya sampai ke lantai, dan kunci utama dari penampilan ini adalah kamu harus terlihat elegan dan glamour.

8. Black Tie

Outfit Black Tie
Black Tie

Dress code ini berstandar formal. Biasanya dipakai untuk acara pesta atau makan malam yang mengharuskan tampil glamour dan standout.

Untuk pria bisa memakai setelan serba hitam, seperti tuxedo, kemeja putih, celana hitam, dan dasi kupu-kupu. Jangan lupa padukan dengan sepatu pantofel warna hitam favorit.

Sedangkan untuk wanita, pakailah dress hitam glam dengan panjang di wabah lutut atau bisa yang lebih panjang hingga kaki, lalu berikan sentuhan perhiasan agar terkesan lebih elegan.

Itulah beberapa jenis dress code yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu telah memilih bahan yang nyaman dipakai dan tak lupa untuk memperhatikan aksesoris, serta make up agar tetap terlihat matching.

Selain itu, jagalah etika berpakaian agar tetap rapi dan sopan. Hindari pakaian yang terlalu ketat, pendek, terbuka, dan bahkan terlalu mencolok.

Posting Komentar

0 Komentar