18 Istilah Makeup yang Populer, Pemula Wajib Tahu!

Konten [Tampil]
Pict by Pinterest

Suka makeup tapi belum hafal dengan istilah yang sering digunakan di dunia per-makeup-an?

Padahal istilah dalam makeup sering kali terucap oleh para influencer atau beauty reviewer, seakan menjadi kamus keseharian mereka dalam dunia kecantikan.

Istilah yang sering terdengar seperti cakey, crack, patchy, transfer, sudah tahu artinya?

Sambil menyelam dunia beauty, mungkin kamu pernah bertanya-tanya maksud dari istilah tersebut. Apalagi jika ternyata kamu adalah seorang pemula yang mencoba masuk ke ranah makeup dan seringnya melihat tutorial makeup dari Beauty Youtuber.

Nah, ini dia istilah makeup yang harus kamu ketahui!

1. Cakey

Cakey merupakan istilah dari makeup yang menggumpal atau disebut dengan makeup yang terlihat dempul.

Dempul terjadi karena kondisi dari foundation, concealer dan bedak yang menempel di wajah terlalu tebal dan tidak membaur secara rata di bagian kulit wajah. Sehingga makeup menggumpal atau berkumpul di satu titik alias dempul.

2. Greasy

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit wajah akan terlihat berminyak saat pakai makeup.

Tapi, perlu digaris bawahi, ya! Berminyak yang dimaksud berbeda dengan oily, dimana oily untuk menjelaskan jenis kulit.

Jadi, jika kondisi kulit asli yang sebenarnya kering, lalu saat menggunakan makeup wajah jadi berminyak, itu yang disebut dengan greasy.

3. Creasing / Crack

Creasing atau Crack mungkin lebih sering terdengar dengan sebutan 'crack' istilah ini memiliki arti sebagai makeup yang retak.

Terjadinya creasing/crack  karena disebabkan oleh kondisi dari foundation atau concealer yang masih belum kering dengan sempurna, dan bisa juga terjadi saat terkena matahari, keringat, minyak di wajah, yang membuat riasan akan retak.

Biasanya creasing/crack akan terlihat di area tertentu seperti garis senyum, bawah mata, dan kelopak mata.

4. Patchy

Patchy adalah istilah dari makeup yang tidak rata atau tidak menyatu karena kurangnya hidrasi pada wajah.

Penyebab terjadinya patchy ketika foundation tidak merata di kulit wajah setelah beberapa saat dipakai. Terutama pada kulit kering yang sering kali terlihat, karena foundation biasanya akan menonjolkan bagian kulit yang kering atau mengelupas.

Tapi kamu tetap bisa meminimalisir dengan menggunakan skincare yang melembabkan wajah sebelum menggunakan makeup.

5. Ashy

Ashy merupakan istilah dari penggunaan makeup yang salah karena tidak sesuai dengan pemilihan warna (undertone) dari foundation dan bedak yang tidak ter-blend dengan baik. Makanya, wajah akan terlihat seperti berwarna abu-abu.

6. Flaky

Istilah yang satu ini digunakan untuk menyatakan eyeshadow atau maskara yang sudah kering dan rontok sehingga membuat area bawah mata terdapat serbuk-serbuk hitam yang mengganggu penampilan.

Jadi, usahakan untuk tetap memperhatikan area sekitar mata dengan rapi.

7. Transfer

Sebagai pendengar dan pelihat konten yang diciptakan dari youtuber dan creator, pasti sudah tidak asing lagi terdengar kata yang satu ini.

Istilah transfer mendenefisikan kondisi makeup yang bisa bergeser atau menempel ke benda yang lain, atau saat menggunakan masker.

8. Fall Out

Fall out merupkan istilah dari serbuk atau butiran halus dari eyeshadow yang berjatuhan di bawah mata semakin banyak, semakin tidak berpigmen dan belepotan.

9. Smudge

Istilah ini disebabkan karena kondisi makeup bergeser dan luntur saat disentuh atau digosok.

10. Touch Up

Touch up merupakan istilah dari menimpa ulang atau memperbaiki makeup yang sudah luntur atau rusak setelah lama beraktivitas.

11. Blend

Blend dikenal dengan membaurkan atau kondisi kulit menyatu dengan produk. Atau menyatukan dan membaurkan produk makeup ke kulit.

12. Buildable

Buildable adalah istilah dari makeup bisa dipakai berlapis-lapis tanpa terlihat cakey.

13. High Pigmented

Pigmentasi warna produk yang keluar bisa langsung terlihat dengan mudah, jelas, dan mencolok.

14. Transfer Proof, Smudgeproof, Waterproof

Istilah ini dikenal karena kondisi makeup yang tidak bergeser, pindah dan tahan terhadap air.

15. Coverage

Kemampuan produk (foundation, Cushion, concealer, cushion, powder) untuk menutupi ketidaksempurnaan wajah misalnya bekas jerawat, pori-pori besar, warna kulit tidak merata, dll.

16. Dewy

Dewy merupakan istilah dari kondisi akhir wajah dengan makeup yang terlihat berkilau atau terlihat seperti masih basah aka glasskin.

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal dan kering maka akan lebih suka dengan finish yang seperti ini, karena terlihat glowing dan memantulkan cahaya.

17. Matte

Matte adalah kondisi akhir wajah dengan makeup tanpa efek berkilau/berminyak. Kulit kombinasi dan berminyak akan cenderung suka dengan hasil akhir makeup seperti ini.

18. Satin

Satin akan memberikan kondisi akhir wajah dengan makeup antara Matte dan Dewy, tidak terlalu kering/matte ataupun terlalu basah dan masih bisa dikategorikan kondisi ideal untuk semua jenis kulit.

Itulah 18 istilah yang mungkin sering kamu dengar dari para beauty creator atau youtuber. Tentunya istilah ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang seorang pemula.

Posting Komentar

0 Komentar