Kesalahan Dalam Merawat Rambut, Stop Lakukan Hal Ini!

Konten [Tampil]
Kesalahan Merawat Rambut
Stop Lakukan Hal Ini! Kalau gak Mau Rambut Rusak

Rajin keramas ternyata tidak menjamin rambut jadi sehat dan kuat, ada juga yang bikin rambut jadi semakin rontok, kering, berminyak, lepek, bahkan menimbulkan aroma bau yang tak sedap di kepala.

Terlihat sepele, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari agar rambut tidak semakin rusak.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu sudah memahami pentingnya merawat rambut dan menyadari kesalahan dalam merawat rambut.

Pentingnya Merawat Rambut

1. Mencegah Masalah Rambut

Rambut yang tidak dirawat akan lebih rentan terkena masalah, seperti ketombe, rambut rontok, rambut kering dan kusut.

2. Menjaga Rambut Tetap Sehat

Mulailah melakukan perawatan rambut secara rutin yang bisa membuat rambut tetap sehat, kuat, halus dan berkilau.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rambut yang sehat tanpa adanya permasalahan rambut terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sehingga mendorong diri untuk selalu memberikan yang terbaik dan mencari solusi setiap permasalahan rambut.

5 Kesalahan Dalam Merawat Rambut

1. Keramas Setiap Hari

Tau gak sih kalau ternyata keramas setiap hari dapat membuat rambut jadi gampang kering dan berminyak?

Nah, sekarang jangan suka ngeluh kalau tiba-tiba rambut jadi kering atau berminyak! Mulai atur jadwal keramas berdasarkan jenis rambut.

Jika memiliki jenis rambut berminyak, keramas setiap hari atau setiap dua hari sekali agar dapat membantu mengontrol minyak berlebih.

Namun dengan jenis rambut kering dan keriting, dapat melakukan keramas 2-3 hari sekali dalam seminggu. Agar rambut tidak kehilangan kelembapan alami.

2. Mengeringkan Rambut Dengan Handuk

Sudah dikenal secara umum mengeringkan rambut dengan handuk, ternyata hal ini juga merupakan satu kesalahan yang berakibat fatal.

Kondisi rambut yang basah merupakan kondisi rambut yang paling lemah sehingga rentan terjadi kerusakan.

Ketika menggosokkan rambut dengan handuk, maka akan terjadi gesekan yang mengakibatkan ujung rambut jadi bercabang, kusut, patah-patah dan lebih banyak rontoknya

3. Menyisir dan Mengikat Rambut Saat Basah

Kondisi rambut saat basah, cenderung lebih rapuh, gampang regang dan mengakibatkan kerontokan. Jadi, hindari sisir rambut saat kondisi basah, ya!

Kondisi rambut yang basah bisa membuat pori-pori di kulit kepala jadi lebar dan jadi lebih rentan terhadap kerusakan.

Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi diantaranya, rambut jadi lebih sering rontok, jadi sering kusut, bercabang, dan mudah patah.

Lebih baik untuk membiarkan rambut kering terlebih dahulu. Jika rambut sudah benar-benar kering, maka dapat melakukan penyisiran pada rambut.

4. Menggunakan Kondisioner dari Kulit Kepala

Kondisioner dikenal sebagai perawatan rambut yang dapat membuat rambut jadi lebih halus, lembut dan berkilau.

Tapi, kondisioner banyak mengandung bahan kimia, yang jika dioleskan langsung ke kulit kepala bisa menyebabkan akar rambut jadi lebih lemah, mudah rontok dan rentan kerusakan, hingga menyebabkan rambut jadi ketombean.

Kerusakan dan juga masalah rambut yang tercipta dari conditioner di kulit kepala yang bisa menyebabkan proses pertumbuhan rambut jadi lebih melambat, sehingga rambut tidak akan panjang-panjang.

Penggunaan cara pakai kondisioner yang benar, dapat membantu pertumbuhan yang terjadi pada rambut. Sehingga rambut terlihat lebih berkilau dan sehat.

Cara penggunaan kondisioner yang tepat adalah dari tengah sampai ke ujung rambut, jadi tidak terkena akar rambut maupun kulit kepala.

Untuk itu, perlu perhatikan lebih detail lagi cara pakai conditioner yang tepat dan sudah tertera pada tiap kemasan masing-masing.

5. Menghindari Potong Rambut

Bagi sebagian orang, memotong rambut tidak akan membuat rambut jadi lebih panjang, sehingga banyak sekali yang menghindari potong rambut.

Pada nyatanya, rambut manusia memiliki masalah umum, yaitu memiliki ujung rambut yang rusak dan bercabang.

Rambut yang rusak dan bercabang menandakan bahwa kondisi rambut sedang tidak sehat sehingga dapat menghambat proses pertumbuhan rambut, beberapa diantaranya menimbulkan rambut yang tidak lagi panjang dan menghentikan proses pertumbuhan rambut.

Posting Komentar

0 Komentar