Penyebab dan Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

Konten [Tampil]
Penyebab  Rambut Bercabang

Rambut bercabang biasanya terjadi karena batang rambut yang kering, sering terpapar polusi, terkena sinar matahari dan sering menggunakan tools rambut tanpa memberikan perlindungan khusus dengan vitamin.

Sehingga rambut bercabang terjadi kehilangan lapisan pelindung alami rambut, akan terkiskis, membuatnya rapuh dan mudah pecah.

Penasaran, cara mengetahui penyebab terjadinya rambut bercabang dan cara mencegahnya? Yuk, kita cari tahu lebih lanjut penyebab rambut bercabang dan cara mencegahnya melalui artikel di bawah ini!

Penyebab Rambut Bercabang

1. Menyisir Dalam Keadaan Basah

Rambut bercabang bisa jadi karena kamu terlalu sering menyisir rambut setelah keramas, kondisi rambut saat basah tidak sekuat saat kering.

2. Mengikat Rambut di Tempat yang sama

Hal ini dapat menyebabkan folikel rambut jadi rusak. Pastikan untuk membiarkan rambut terurai agar tidak mendapatkan tekanan dari karet rambut.

3. Tidak Mengaplikasikan Vitamin Rambut

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan vitamin, begitu pula rambut. Aplikasikan dengan rutin vitamin rambutmu agar rambut tetap sehat.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Jangan khawatir, dengan perawatan yang tepat, rambut bercabang bisa dicegah. Berikut adalah cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu ikuti:

1. Hindari Keramas Setiap Hari

Sebaiknya keramas dilakukan minimal dua hari sekali dan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut.

Karena, jika kamu terlalu sering keramas akan mengganggu mikrobioma pada kulit kepala, sehingga dapat memunculkan masalah pada rambut dan kulit kepala.

2. Pakai Vitamin Rambut

Eits, jangan bilang kalau rambut cukup dirawat dengan shampo dan kondisioner saja. Karena untuk mendapatkan rambut sehat, lebat dan berkilau berawal dari perawatan rambut yang tepat.

Dengan penggunaan vitamin rambut dapat menunjang pertumbuhan rambut jadi lebih cepat panjang dan ternutrisi.

3. Pilih Shampo dan Conditioner Sesuai Kebutuhan Rambut

Kamu bisa sesuaikan jenis sampo dan kondisioner dengan tipe yang sesuai dengan rambut. Ada beragam jenis shampo yang beredar sesuai dengan jenis rambut yang di alami.

Tapi, jika pada pemakaian pertama atau kedua sudah tidak cocok, ada baiknya untuk di tinggali dan coba ganti produk lain yang sesuai.

4. Hindari Penggunaan heat tools

Heating tools memang menjadi alternatif rambut jadi lebih cepat kering dan lurus, tapi suhu panas yang terdapat pada heat tools bisa memecah protein rambut sehingga rambut akan jadi lebih cepat kering.

Mulai dari sekarang perlu perhatikan kesehatan rambut dengan mengurangi penggunaan heat tools seperti catok dan juga hairdryer.

5. Menyisir Rambut Dalam Keadaan Kering

Hindari menyisir rambut sembarangan termasuk saat kondisi rambut lagi basah karena akan merusak rambut jadi rontok, bercabang, dan lainnya.

Rambut yang sabah lebih rapuh dan rentan patah dibandingkan dengan rambut kering. Itulah alasan kenapa sangat disarankan menyisir rambut saat kering, untuk meminimalisi kerapuhan rambut.

6. Potong Ujung Rambut secara Berkala

Pentingnya memotong rambut secara teratur, karena masih banyak yang belum mengetahui bahwa kerusakan rambut juga dapat terjadi pada ujung rambut.

Kamu dapat memotong rambut setiap 6-8 minggu sekali, untuk mencegah ujung rambut jadi bercabang dan menjaga kesehatan rambut.

Kalau punya rambut bercabang, lebih baik di potong untuk menghilangkan rambut bercabang.

Memotong ujung rambut juga dapat membantu rambut jadi terlihat lebih rapi dan sehat,

7. Hindari Penggunaan Produk yang Banyak Bahan Kimia

Hindari penggunaan produk yang mengandung SLS< paraben, fragrance dan silikon


Cara Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

Agar terhindar dari rambut bercabang perlu melakukan perawatan yang benar, berikut adalah 4 cara perawatan rambut untuk mencegah rambut bercabang:

  1. Rutin Menggunakan Hair Oil
  2. Keramas 2 hari sekali hingga bersih
  3. Gunakan Conditioner atau Hair Mask
  4. Gunakan Hair Tonic
Untuk mendapatkan manfaat dan kesehatan rambut secara maksimal, kamu bisa lakukan cara perawatan seperti di atas.

Mulai dari sekarang, Yuk, berikan perawatan terbaik untuk rambutmu dan tunjukkan bahwa kamu memiliki rambut yang sehat dan tidak bercabang!

Posting Komentar

0 Komentar