Tips Penggunaan Exfoliating Untuk Kulit Berjerawat

Konten [Tampil]
Exfoliating for Acne

Tips eksfolasi untuk yang tidak pernah eksfoliasi! Selamat kamu berada di artikel yang tepat karena kita akan membahas eksfolasi untuk kulit berjerawat dengan lengkap!

Sering kali mendapatkan pertanyaan apakah wajah yang berjerawat dapat melakukan eksfoliasi? Setelah mengikuti bermacam kelas online dan offline dengan berbagai narasumber yang ahli di bidangnya, jawabannya adalah, boleh!

karena eksfoliasi memiliki dua jenis yakni Chemical Exfoliator dan Physical Exfoliator. Jika kamu memiliki jenis kulit yang berjerawat ada baiknya untuk gunakan yang chemical exfoliator.

Karena chemical exfoliator memiliki risiko yang lebih kecil iritasinya, dan tidak membutuhkan gosokan.

Tapi, semua kembali ke jenis jerawat, dan separah apa jerawat yang kamu miliki.

Selain itu, kesensitifan setiap kulit akan berbeda disetiap orang, maka efek yang dihasilkan pasti akan berbeda di setiap orang.

Untuk kulit yang cocok memakai eksfoliasi maka akan membuat bekas jerawat perlahan memudar, dan wajah jadi mulus.

Sayangnya, bagi pemilik kulit berjerawat super sensitif, harus ekstra dalam pemilihan kandungan skincare, jika fatal, maka dapat menyebabkan iritasi, breakout, atau purging.

Untuk itu, kamu harus mengetahui penggunaan exfoliating yang tepat untuk kulit berjerawat. Beberapa diantaranya sebagai berikut.

Tips Penggunaan Exfoliating Untuk Kulit Berjerawat

1. Lakukan Eksfoliasi Min 1x seminggu

Tips ini berlaku untuk pemula, kulit sensitif, dan kulit berjerawat agar tetap melakukan eksfoliasi minimal satu kali dalam seminggu.

Jika pada tahap awal ternyata pemakaian sangat cocok dan ingin dilanjutkan. Maka kamu bisa upgrade minimal dua kali dalam seminggu dan maksimal tiga kali dalam seminggu, dan lakukan hanya di malam hari saja.

Untuk itu, hindari pemakaian eksfoliasi pada siang hari dan setiap hari, jika kamu tidak ingin kulit wajah semakin rusak.

2. Pilih Exfoliating yang Tepat

Pilihlah exfoliating toner atau exfoliating pad yang berbahan lembut namun tetap memiliki kandungan BHA.

Karena exfoliating jenis ini tidak akan merusak kulit, sehingga kulit tetap aman dan menjangkau sel kulit mati dengan mudah.

3. Hindari Eksfoliasi dengan Scrub

Ada beragam eksfoliasi wajah yang dapat kita gunakan, namun harus hindari penggunaan scrub yang memiliki butiran halus, agar tidak terasa sakit di wajah.

Karena scrub memiliki butiran yang cukup kasar dan berisiko dapat menyebabkan iritasi pada kulit akibat goresan.

4. Langsung gunakan moisturizer setelah melakukan eksfoliasi

Setelah eksfoliasi tetap gunakan pelembab agar kulit tidak begitu kering, karena pelembab dapat mengurangi iritasi atau pengelupasan yang terjadi setelah eksfoliasi.

Namun, tetap harus menggunakan sunscreen di siang hari minimal SPF 30. Karena kandungan AHA dan BHA dapat mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit sering terasa lebih kering.

Selain itu, hindari penggunaan eksfoliasi dengan retinol secara bersamaan, karena bisa membuat kulit menjadi iritasi dan terkelupas, sebab keduanya merupakan bahan aktif yang bersifat "keras".

Posting Komentar

0 Komentar