8 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Konten [Tampil]
Pinterest

Kulit merupakan salah satu aset berharga yang harus mendapatkan perawatan terbaik. Meski terkadang ada kebiasaan-kebiasaan yang sering kita anggap sepele nyatanya sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Kesehatan kulit juga merefleksikan kesehatan hidup, sehingga ada tujuan untuk mencapai kulit sehat terawat baik itu dari dalam maupun dari luar.

Salah satu yang sulit di ubah dari kebiasaan diri adalah memulai lalu menjalankannya. Agar tidak goyah, ingat selalu tujuan yang ingin dicapai.

Untuk itu pentingnya mengetahui cara perawatan kulit agar tetap sehat.

8 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

1. Pola Tidur Yang Teratur

Cara merawat kulit agar tetap optimal dan sehat juga membutuhkan waktu tidur yang cukup, usahakan sekitar 6-8 jam satu hari.

Mendapatkan waktu tidur yang cukup maka dapat memberikan waktu untuk istirahat dan memperbaiki sel yang mengalami kulit

Dengan waktu tidur yang cukup, dapat mencegah terbentuknya kantung mata, yang dapat membuat mata menghitam atau keriput sekitar area mata.

2. Mengendalikan Stress

Stress secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi gatal, kusam, mudah berjerawat, dan penyakit kulit (eksim). Oleh karena itu, kita bisa mngelola stress yang kita miliki dengan bersantai. melakukan hal yang disukai atau bermeditasi.

Stress yang tidak terkontrol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif, mudah berjerawat, dan timbul permasalahan kulit lainnya.

3. Menghindari Rokok

Merokok dapat menyebabkan keriput pada wajah dan menyebabkan penuaan dini. Karena merokok dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit.

Sehingga menurunkan aliran darah yang dapat menyebabkan kulit kering dan tampak tidak cerah. Selain itu merokok dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kolagen dan elastin wajah, sehingga kulit tampak kurang elastis

4. Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap efektif dan menjaga metabolisme tubuh.

Dengan melakukan olahraga yang rutin juga dapat memperlambat penuaan sel, membuat peredaran darah menjaid lebih lancar, dan produksi hormon di tubuh jadi lebih optimal.

Selain itu, kulit dari orang yang rajin olahraga akan terlihat lebih sehat dan menawan. Setidaknya lakukan olahraga minimal 2x sehari .

5. Gunakan Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Kamu perlu mengaplikasikan pelembab ke tangan dan wajah yang tidak terlindungi. Untuk tangan, gunakan pelembab khusus tangan atau hand cream. Aplikasikan 30 menit sebelum kamu pergi keluar. dan aplikasikan kembali secara berkala pada saat berada di luar.

Memakai pelembab dapat menutrisi kulit, meskipun wajah berminyak. Namun tetap dapat memakai pelembab sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Sering dianggap sepele, padahal kulit juga berperan penting agar tidak terasa kering atau terhidrasi.

Cukup perbanyak minum air putih minimal 8 liter perhari. Karena dengan meminum air putih dapat menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga kulit akan tetap lembab dan sehat.

7. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Perbanyaklah makan buah dan sayur, karena dikandungan buah dan sayur terdapat vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

Pola makan yang sehat dapat merawat kesehatan kulit. Oleh karena itu selain menjaga dari luar, juga harus menjaga dari dalam.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi dari Vitamin C seperti jeruk, stroberu, brokoli dan lainnya yang dikenal mampu mencegah munculnya kerutan di kulit.

Sementara itu, adapula sayur dan buah yang mengandung Vitamin E seperti pada buah anggur, alpukat, tomat, yang dikenal dapat mencegah kerusakan sel kulit karena sifat antioksidannya.

8. Selalu Jaga Kebersihan Wajah

Selalu merawat kulit wajah secara rutin agar tidak mudah berjerawat, termasuk membersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur.

pakai produk pembersih wajah yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. Setelah membersihkan wajah, pastikan tetap menggunakan toner dan pelembab.

Karena toner dapat membersihkan bekas minyak atau bekas riasan makeup yang mungkin tidak terangkat oleh sabun cuci muka, selain itu toner juga dapat merelaksasikan wajah.

Posting Komentar

0 Komentar